Skip to content

HUTAN ADAT BULIAN-MUSI RAWAS, SUMBER BENIH ULIN DI SUMBAGSEL

May 17, 2011

oleh : Edi Cahyono (KPHP Unit VI Lakitan)

Pohon unglen dengan diamter lebih dari 1,5 meter

Pohon induk unglen dengan diameter lebih dari 1,5 meter

Musi Rawas, Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri T. et. B) merupakan salah satu jenis penyusunan hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Kalimantan. Jenis ini dikenal dengan nama daerah : bulian, bulian rambai, unglen, belian, tabulin dan telian.

Pohon ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm, tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m dpl.  Kayu ulin banyak digunakan sebagai konstruksi di dalam air, tiang bangunan, sirap, papan lantai, jembatan, bantalan kereta api dan kegunaan lain yang memerlukan sifat-sifat khusus awet dan kuat.  Pohon Unglen, saat ini sudah termasuk tamanan yang langka dan dilindungi, sehingga kayu jenis ini tidak boleh diperdagangkan. Dibeberapa daerah kayu jenis ini sudah hilang populasinya dan sudah sangat sulit ditemui.

Papan Nama Hutan Adat Bulian

Disaat di tempat lain jenis ulin/unglen ini mulai punah, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas Kehutanan, senantiasa menjaga dan memelihara populasi tanaman unglen dengan menetapkan Hutan Adat Bulian di Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas.  Untuk mempertahankan kawasan ini, pada Tahun 2004, Bupati Musi Rawas yang dijabat oleh H. Ibnu Amin berinisiatif menetapkan kawasan ini sebagai hutan lindung dan hutan adat. Kelestarian hutan bulian ini terjaga karena telah ditetapkan sebagai hutan lindung dan merupakan hutan yang dikeramatkan.  Sebelum ditetapkan sebagai hutan lindung, kawasan hutan Bulian ini merupakan kebun peninggalan dari kerajaan Ria Lampor (Telapak Libo) yang masuk pada marga Bulang Tengah Suku Tengah (BTS Tengah) Mambang/Bingin Jungut.

Semai yang tumbuh di lantai hutan

Hutan Adat Bulian yang didominasi jenis bulian dengan diameter sampai dengan + 1,5 meter, dengan populasi + 20.000 batang pohon serta kerapatan yang relatif tinggi untuk tingkat tiang, pancang dan semai.  Data sementara menyebutkan Hutan Adat Bulian ini memiliki luas keseluruhan + 49 hektar yang dibatasi perkebunan sawit dan karet milik warga dan perkebunan milik PT. Djuanda Sawit yang dijaga oleh 2 orang jagawana Dinas Kehutanan Kabupaten Musi Rawas Mahyudin dan Ridwan. Fasilitas yang ada sampai saat ini telah dibangun pos jaga pengamanan hutan.

Kedepan, hutan Unglen ini akan diusulkan sebagai Taman Hutan Raya (Tahura) ataupun Kebun Raya sebagai kawasan yang diperuntukan untuk pendidikan, penelitian dan kawasan pelestarian alam.  Sebagai upaya pengembangan, Dinas Kehutanan Kabupaten Musi Rawas memprogramkan pengkayaan dengan jenis-jenis yang lain khususnya pada lahan-lahan yang terbuka dalam kawasan hutan adat.  Juga dikembangkan persemaian sebagai upaya untuk membudidayaakan jenis ulin.

About these ads
7 Comments leave one →
  1. mas mulianto permalink
    November 20, 2011 2:17 pm

    Tidak berbeda dengan di Kalimantan = Eusideroxylon zwageri : Pohon Ulin / kayu besi / Belian*Dayak – Merupakan jenis Tumbuhan yang sudah langka perlu dibudidayakan & dilestarikan !

  2. haryo permalink
    April 3, 2012 10:30 am

    Apabila kita bersungguh – sungguh untuk melestarikan pohon ulin, insyaallah pohon itu akan tetap lestari di bumi pertiwi ini.

  3. Badar permalink
    August 29, 2012 4:54 am

    Satu lagi bukti; bahwa kekeliruan info yang disampaikan oleh guru2 kita di Kehutanan; bahwa hutan adat (“hukum adat) hanya ada di Sumbar saja. Insya Allah; teman2 KKPH bisa lebih banyak lagi menunjukkan bukti2 lapangan; sebenarnya yang pintar kelola hutan adalah masyarakat asli (indigeneous people)…..

  4. Fachrul Astrawirya permalink
    February 18, 2013 2:52 pm

    Jika saya ingin menanam Pohon ulin,, bisa beli bibit nya dmn ya ? mohon info nya.. trims

    • lisda permalink
      May 16, 2014 1:19 pm

      di kaltim ada yg jual bibit ulin murah. sya prnah beli dgn bpk mursalin,hrga,a jga lbih murah d bndingkan tmpat lain karna merupakan pembibitan rakyat,kalau berminat ini no hp.a : 082150930593

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: